ULANGAN
AKHIR SEMESTER 1 KELAS IX
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
1.
|
Mendengarkan
dan memahami berbagai wacana lesan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
Mendengarkan
sandiwara
|
Sandiwara
|
v Mampu
mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis.
v Mampu
menjelaskan unsure intrinsik sandiwara.
|
2.
|
Mampu
menulis bacaan berhuruf jawa
|
Menulis
paragraph berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa
|
Angka Jawa
|
v Mampu
mengurutkan angka Jawa yang dimaksud.
v Mampu
menulis angka Jawa secara terpisah
v Mampu
menulis angka Jawa dalam kalimat
|
3.
|
Mampu
membaca nyaring sesuai dengan intonasi, jeda atau tempo, lafal dan irama yang
benar
|
Membaca
nyaring cerita wayang Ramayana
|
Cerita
Ramayana Ukara camboran
|
v Mampu
menjelaskan isi bacaan.
v Mampu
menyebutkan contoh ukara camboran berdasarkan jenisnya
|
4.
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lesan dalam
berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah-ungguh yang benar
|
Berdialog
dengan warga masyarakat
|
v Menjawab
pertanyaan yang terkait dengan dialog
v
Menyebutkan jenis kalimat dengan dialog
|
|
5.
|
Mampu
membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan
berhuruf Jawa.
|
Membaca
paragraph berhuruf jawa yang menerapkan angka jawa
|
Angka Jawa
|
v Mampu
membaca bacaan berhuruf jawa yang menerapkan angka jawa
v Mampu
mengubah bacaan ke dalam huruf latin
|
6.
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam
berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh
bahasa Jawa yang benar
|
Menulis
sastra sederhana geguritan
|
Geguritan
|
v Mampu
menjelaskan aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis sastra
v Mampu
menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis
|
7.
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lesan dalam
berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah-ungguh yang benar
|
Bercerita
tentang adat istiadat
|
Upacara
adat
|
v
Menyebutkan contoh adat istiadat.
v
.Menentukan jenis adat istiadat
v
Mengartikan wangsalan
v Menjawab
pertanyaan yang terkait dengan adat istiadat
|
8.
|
Mampu
membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan
berhuruf Jawa.
|
Membaca
Indah tembang Dhandhanggula
|
Tembang
Dhandhanggula
|
v
Menyebutkan ciri-ciri tembang Dhandhanggula
v
Mengartikan makna kata dalam tembang
|
9.
|
Mampu
membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan
berhuruf Jawa.
|
Membaca
nyaring cerita wayang Ramayana
|
Wayang
Ramayana
|
v
Menjelaskan isi bacaan
v
Menyebutkan isi bacaan secara ringkas
v
Menentukan jenis ukara
v
Menerapkan tembung sesulih
v
Mengartikan sanepa
|
10.
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam
berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh
bahasa Jawa yang benar
|
Menulis
Susastra sederhana
|
Cerita
Rakyat
|
v
Menentukan paraga cerita rakyat
v
Menjelaskan arti kata cerita rakyat
v
Menerapkan unggah-ungu
|
ULANGAN
AKHIR SEMESTER 1 KELAS VIII
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
||
1.
|
Mampu
mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
Cerita Legendha
|
Cerita
Legenda
Tembung
rangkep
Jenis-jenis
kalimat
Ragam
bahasa jawa
|
Disajikan
wacana legenda
>Menyebutkan
tokok/paraga
>Menjelaskan
karakter tokoh
>Menjelaskan
isi cerita
>Menyebutkan
nama tembung
Rangkep
>Menunjukan
kalimat yang
menggunakan
tembung rangkep
>Menunjukan
kalimat perintah
>Menjelaskan
cirri-ciri salah satu
jenis
kalimat
>Menyebutkan
kegunaan ragam
ngoko lugu
>Menunjukan
kalimat yang
menggunakan
ragam bahasa
ngoko alus
>Mengubah
kalimat beragam
ngoko alus
menjadi ragam
karma alus
|
||
2.
|
Mampu
membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan
berhuruf Jawa.
|
Membaca
pemahaman cerita wayang
|
Crita
wayang Ramayana
Ukara
tanggap
|
Disajikan
wacana cerita wayang
>Menjawab
pertanyaan bacaan
>Mengubah
bacaan ke dalam
ragam
bahasa jawa
>Menjelaskan
karakter tokoh
>Menjelaskan
isi bacaan
>Menjelaskan
unsur-unsur
intrinsik
cerita wayang Ramayana
>Menunjukan
ukara tanggap
tripurusa
>Menunjukan
ukara tannduk
>Menjelaskan
ukara tanggap Na
>Mengubah
ukara tanduk menjadi
ukara
tanggap
|
||
Membaca
paragraf berhuruf Jawa
|
Wacana
berhuruf jawa
Tembung
entar
|
Disajikan
wacana berhuruf jawa
>Membaca
kalimat berhuruf jawa
dengan
penerapan pasangan
>Menunjukan
kalimat yang
dimaksud
dalam bacaan
>Menjawab
pertanyaan bacaan
>Mengubah
bacaan berhuruf Jawa
ke dalam
tulisan latin
>Menyusun
kalimat menjadi
paragraf
yang benar
>Menunjukan
kalimat yang
menggunakan
tembung entar
>Menjelaskan
makna tembung
entar
|
||||
3.
|
Mampu
mendengarkan dan memahami wacana lisan wacana lisan dalam berbagai ragam
bahasa Jawa
|
Mendengarkan
iklan
|
Iklan
|
> Mampu
mengungkapkan isi iklan secara
tertulis
|
||
> Mampu
memberi tanggapan tentang isi
iklan
|
||||||
> Mampu
menjawab Pertanyaan yang
berkaitan
dengan isi iklan
|
||||||
4.
|
Mampu
membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan
berhuruf jawa.
|
Membaca
indah geguritan
|
Geguritan
|
>
Membaca geguritan dengan lafal,
intonasi
dan ekspresi yang sesuai
|
||
>Menjawab
pertanyaan bacaan.
|
||||||
>Menceriterakan
isi geguritan dengan
bahasa
sendiri.
|
||||||
Membaca
indah tembang Asmaradana
|
Tembang
Asmaradana
|
>Menembangkan
tembang asmaradana
|
||||
>
Menceriterakan isi tembang
|
||||||
5.
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan melalui
bercerita dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh
|
Menulis
dua paragraf berhuruf jawa terdiri dari 5 – 7 kalimat
|
Paragraf
berhburuf jawa
|
> Mampu
menulis pasangan yang mirip
dengan
hurufnya.
|
||
> Mampu
menerapkan pasangan dalam
kalimat.
|
||||||
>Mampu
menulis paragraf pendek
berhuruf
jawa.
|
||||||
6.
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasn dan perasaan secara lisan melalui
bercerita dalam berbagai jenis karangan
|
Melakukan
percakapan dengan orang yan lebih tua, misalnya menanyakan, menyampaikan
pesan atau mengundang secara lisan.
|
Percakapan
|
>Mampu
menjawab pertanyaan yang
terkait
dengan percakapan.
|
||
Ukara
tanduk
|
>Mampu
membedakan ukara tanduk
mawa lesan
dan tanpa lesan
|
|||||
>Mampu
menerapkan ukara tanduk
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.