Kamis, 26 November 2015

KISI KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL 2015 BAHASA JAWA KELAS 8 DAN 9



ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS IX
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
1.
Mendengarkan dan memahami berbagai wacana lesan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Mendengarkan sandiwara
Sandiwara
v Mampu mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis.
v Mampu menjelaskan unsure intrinsik sandiwara.
2.
Mampu menulis bacaan berhuruf jawa
Menulis paragraph berhuruf  Jawa yang menerapkan angka Jawa
Angka Jawa
v Mampu mengurutkan angka Jawa yang dimaksud.
v Mampu menulis angka Jawa secara terpisah
v Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat
3.
Mampu membaca nyaring sesuai dengan intonasi, jeda atau tempo, lafal dan irama yang benar
Membaca nyaring cerita wayang Ramayana
Cerita Ramayana Ukara camboran
v Mampu menjelaskan isi bacaan.
v Mampu menyebutkan contoh ukara camboran berdasarkan jenisnya
4.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lesan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah-ungguh yang benar
Berdialog dengan warga masyarakat

v Menjawab pertanyaan yang terkait dengan dialog
v Menyebutkan jenis kalimat dengan dialog
5.
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Membaca paragraph berhuruf  jawa yang menerapkan angka jawa
Angka Jawa
v Mampu membaca bacaan berhuruf  jawa yang menerapkan angka jawa
v Mampu mengubah bacaan ke dalam huruf latin
6.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar
Menulis sastra sederhana geguritan
Geguritan
v Mampu menjelaskan aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis sastra
v Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis
7.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lesan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah-ungguh yang benar
Bercerita tentang adat istiadat
Upacara adat
v Menyebutkan contoh adat istiadat.
v .Menentukan jenis adat istiadat
v Mengartikan wangsalan
v Menjawab pertanyaan yang terkait dengan adat istiadat
8.
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Membaca Indah tembang Dhandhanggula
Tembang Dhandhanggula
v Menyebutkan ciri-ciri tembang Dhandhanggula
v Mengartikan makna kata dalam tembang
9.
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Membaca nyaring cerita wayang Ramayana
Wayang Ramayana
v Menjelaskan isi bacaan
v Menyebutkan isi bacaan secara ringkas
v Menentukan jenis ukara
v Menerapkan tembung sesulih
v Mengartikan sanepa
10.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar
Menulis Susastra sederhana
Cerita Rakyat
v Menentukan paraga cerita rakyat
v Menjelaskan arti kata cerita rakyat
v Menerapkan unggah-ungu
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR

1.
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan Cerita Legendha
Cerita Legenda
Tembung rangkep
Jenis-jenis kalimat
Ragam bahasa jawa
Disajikan wacana legenda
>Menyebutkan tokok/paraga
>Menjelaskan karakter tokoh
>Menjelaskan isi cerita
>Menyebutkan nama tembung
Rangkep
>Menunjukan kalimat yang
menggunakan tembung rangkep
>Menunjukan kalimat perintah
>Menjelaskan cirri-ciri salah satu
jenis kalimat
>Menyebutkan kegunaan ragam
ngoko lugu
>Menunjukan kalimat yang
menggunakan ragam bahasa
ngoko alus
>Mengubah kalimat beragam
ngoko alus menjadi ragam
karma alus
2.
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Membaca pemahaman cerita wayang
Crita wayang Ramayana
Ukara tanggap
Disajikan wacana cerita wayang
>Menjawab pertanyaan bacaan
>Mengubah bacaan ke dalam
ragam bahasa jawa
>Menjelaskan karakter tokoh
>Menjelaskan isi bacaan
>Menjelaskan unsur-unsur
intrinsik cerita wayang Ramayana
>Menunjukan ukara tanggap
tripurusa
>Menunjukan ukara tannduk
>Menjelaskan ukara tanggap Na
>Mengubah ukara tanduk menjadi
ukara tanggap

Membaca paragraf berhuruf Jawa
Wacana berhuruf jawa
Tembung entar
Disajikan wacana berhuruf jawa
>Membaca kalimat berhuruf jawa
dengan penerapan pasangan
>Menunjukan kalimat yang
dimaksud dalam bacaan
>Menjawab pertanyaan bacaan
>Mengubah bacaan berhuruf Jawa
ke dalam tulisan latin
>Menyusun kalimat menjadi
paragraf yang benar
>Menunjukan kalimat yang
menggunakan tembung entar
>Menjelaskan makna tembung
entar













3.
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Mendengarkan iklan
Iklan
> Mampu mengungkapkan isi iklan secara
tertulis

> Mampu memberi tanggapan tentang isi
iklan

> Mampu menjawab Pertanyaan yang
berkaitan dengan isi iklan

4.
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf jawa.
Membaca indah geguritan
Geguritan
> Membaca geguritan dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang sesuai

>Menjawab pertanyaan bacaan.

>Menceriterakan isi geguritan dengan
bahasa sendiri.

Membaca indah tembang Asmaradana
Tembang Asmaradana
>Menembangkan tembang asmaradana

> Menceriterakan isi tembang

5.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh
Menulis dua paragraf berhuruf jawa terdiri dari 5 – 7 kalimat
Paragraf berhburuf jawa
> Mampu menulis pasangan yang mirip
dengan hurufnya.

> Mampu menerapkan pasangan dalam
kalimat.

>Mampu menulis paragraf pendek
berhuruf jawa.





6.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasn dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai jenis karangan
Melakukan percakapan dengan orang yan lebih tua, misalnya menanyakan, menyampaikan pesan atau mengundang secara lisan.
Percakapan
>Mampu menjawab pertanyaan yang
terkait dengan percakapan.



Ukara tanduk
>Mampu membedakan ukara tanduk
mawa lesan dan tanpa lesan

>Mampu menerapkan ukara tanduk











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BDR_3 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8

BDR_3 18-19 MEI 2020 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8 Tugas dirumah : 1.     Buatlah produk seperti ramuan dibawah ini dan dih...