Rabu, 25 November 2015

BAB 2 KELAS 7

BAB 2 TIK KELAS 7
PERAN TIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI



A.     Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
Manfaat TIK tidak hanya pada bidang pendidikan saja, tetapi juga pada bidang ekonomi. TIK dapat mendorong usaha kecil dan menengah pedesaan agar dapat mendapatkan nilai lebih serta menggerakan roda perekonomian desa. Bayangkan manfaat yang didapat penduduk desa dalam mencari informasi terbaru tentang benih padi unggul, bibit uggul atau bibit unggul tanaman budidaya lainnya. Peternak juga bisa mengetahui produk unggulan peternakan.
Manfaat TIK lainnya dalam bidang e-education juga ada. Kita sudah mengenal program internet goes to school, community acces point, e-learning, smart campus.
Pemerintah juga harus menyiapkan perangkat peraturan terkait pembatasan kebebasan akses internet. Akses yang terlalu bebas bisa berakibat fatal bagi perkembangan masyarakat, terutama di daerah yang haus akan informasi.
Harus kita sadari, TIK khususnya internet hanyalah merupakan alat bantu saja dan bukan menjadi solusi dalam dunia pendidikan, formal maupun nonformal. Bagaimanapun pendidikan yang bermutu didapat dari para pendidik yang bermutu ditambah dukungan pemerintah dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa didik yang diimplementasikan dengan benar dan kreatif.

1. Peranan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan telah lama dilakukan di negara-negara maju, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Berbagi hasil penelitian, dalam hal ini khususnya penggunaan Internet, telah banyak dilakukan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang.
  • Konsultasi dengan pakar, internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain. Hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah. Seorang mahasiswa di pulau Kalimantan yang sedang melakukan penelitian dapat berkonsultasi dengan seorang dosen yang ada di pulau Jawa. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di internet.
  • Perpustakaan online, merupakan perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di Internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu. Perpustakaan online memungkinkan seorang mahasiswa di Universitas Udayana Bali mengakses perpustakaan milik ITB di Bandung.
  • Kelas online, aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka (misal: SMP Terbuka). Materi-materi pelajaran dibuat interaktid dan menarik sehingga kualitas belajar di kelas online tidak kalah dengan kualitas belajar di kelas biasa.
  • Dan yang paling utama adalah kita dapat mencari berbagai sumber-sumber belajar melalui internet, dengan cara ini kita akan mempunyai banyak sumber bacaan yang dapat menambah penguasaan materi dan wawasan kita.
 Berikut diuraikan pengaruh TIK yang dapat menunjang proses belajar mengajar menjadi lebih baik, sehingga hasil belajar siswa lebih baik.
Keuntungan bagi siswa:
  • Komputer memberi kemudahan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, misalnya mencari sumber belajar / materi melalui internet;
  • Komputer membantu dalam proses belajar mengajar yaitu pada modul pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Komputer;
  • Komputer membantu memudahkan melakukan perhitungan
Keuntungan bagi guru dalam mempersiapkan belajar siswa:
  • Memudahkan guru membuat sumber belajar yang atraktif dan menarik;
  • Memudahkan guru dalam membuat program pembelajaran siswa;
  • Komputer membantu guru melakukan perhitungan penilaian bagi siswa;
  • Memudahkan guru membuat model belajar.
Kerugian :
·         Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
·         Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
·         Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
Bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa depan akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Adapun kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
a.   Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh telah menjadi perhatian pemerintah sebagai strategi utama. 
b.   Sharing resources antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan.
c.   Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya seperti guru dan laboratorium akan berubah fungsi menjadi sumber informasi.
d.   Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM dan Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Dengan perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara peserta didik dengan pendidiknya, melihat nilai peserta didik secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal pelajaran, mengirimkan berkas tugas yang diberikan pendidik dan sebagainya.

2. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Ekonomi
Teknologi informasi dan komunikasi mempunyai banyak keunggulan sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi. Sebagai sumber informasi, Internet merupakan sumber informasi yang tidak terbatas. Sebagai sarana komunikasi, Internet dan alat komunikasi lainnya dapat menyampaikan informasi dengan sangat cepat, menjangkau seluruh belahan dunia, dan tidak dibatasi oleh batas-batas hukum dan teritori sebuah negara.
Keuntungan dan kerugian dari pemanfaatan TIK dibidang ekonomi:
Keuntungan :
a.      Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
b.      Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
c.      Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
a.      Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
b.      Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
Contoh pemanfaatan TIK di bidang ekonomi adalah Internet banking, SMS banking,                         E-commerce, dll.
  • Internet banking
merupakan layanan perbankan yang dilakukan dengan internet. Layanan internet banking memungkinkan nasabah sebuah bank melakukan transaksi perbankan di internet. Transaksi-transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan. Sedangkan untuk transaksi penarikan atau penyetoran uang harus dilakukan melalui ATM atau kasir bank. Keuntungan lain yang diberikan bank adalah bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja (asalkan ada internet). Di Indonesia hampir semua bank besar sudah menerapkan internet banking.

  • SMS Banking,
merupakan layanan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Layanan SMS banking memungkinkan nasabah sebuah bank melakukan transaksi perbankan hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor tertentu yang disediakan oleh bank. Transaksi-transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan SMS bankin adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.

  • Electronic Commerce (e-commerce)
            Electronic Comerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatan jaringan telekomunikasi terutama Internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah.
Gambar Perdagangan secara elektronik
 
            Ada banyak bentuk perdagangan secara elektonik yang dilakukan sekarang , antara lain : Internet Banking, pembelian dan penyedian barang, toko online dan sebagainya.  Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahan maupun kepada  pelanggan (customer).
        
         Keuntungan yang diperoleh perusahan antara lain seperti di bawah ini:
1)     Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.
2)     Perusahan tidak perlu membuka banyak cabang-cabang distribusi.
3)     Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
4)     Karena biaya yang dikeluarkan perusahan dapat dikurangi,maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku.
5)     Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahan.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain sebagai berikut:
1)     Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke Internet dan memesan barang, barang akan di antar ke rumah.
2)     Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
3)     Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di Internet.
4)     Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang man di dalam negeri mungkin saja tersedia.
5)     Harga barang yang di beli menjadi lebih rendah.

    Sekarang  ada banyak sekali perusahan yang memanfaatkan perdagangan secara elektronik untuk mendukung usaha mereka. Bahkan beberapa perusahan mengkhususkan diri melakukan perdagangan secara elektronik saja dan tidak melakukan perdagangan secara konvensional (biasa). Di Indonesia, perdagangan secara elektronik juga sudah mulai dilakukan. Beberapa website didirikan khusus sebagai website untuk menjual barang-barang. Beberapa contohnya antara lain: glodokshop.com, apotikonline.com dan masih banyak lagi. 

3. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Kebudayaan
TIK dapat digunakan untuk membantu melestarikan kebudayaan suatu daerah. Perpustakaan dan museum dapat memfasilitasi pola kepemilikan dan pelestarian yang lebih merata bagi benda-benda kebudayaan yang kini dapat disajikan secara digital. Jaringan-jaringan yang menghubungkan gambar-gambar digital benda-benda budaya dengan komunitas tempat asal benda-benda budaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan penghargaan yang lebih luas terhadap nilai dan kepentingannya serta lebih melibatkan diri dalam menentukan pemanfaatan dan pelestariannya.

4. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Kesehatan
Kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan untuk ditingkatkan dengan bantuan TIK karena bidang tersebut memerlukan TIK untuk informasi dan pemahamannya. Ada banyak cara menerapkan TIK untuk memperoleh hasil yang diinginkan di bidang kesehatan. TIK digunakan untuk memfasilitasi konsultasi kesehatan, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh. Para dokter di tempat-tempat terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman profesional sejawatnya di lembaga rujukan di perkotaan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan penerbit enam majalah kedokteran terbesar di dunia menyediakan akses untuk informasi ilmiah yang penting kepada hampir 100 negara berkembang yang sebelumnya tidak terjangkau.

5. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Pertanian
TIK dapat memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi, ramalan cuaca, sumber benih, dan harga pasaran.


6. TIK dapat Menciptakan Lapangan Kerja
Dengan pemanfaatan TIK, terbuka dua bidang lapanan kerja. Pertama, para pencari pekerjaan dapat menggunakan TIK untuk mencari peluang kerja di kota atau daerah terdekat. Kedua, mereka dapat melakukan pekerjaan baru yang tercipta akibat pemakaian TIK. Salah satu manfaat TIK adalah menyediakan layanan online untuk menawarkan kesempatan kerja melalui pertukaran informasi kesempatan kerja secara elektronik dengan kantor ketenagakerjaan atau instansi penempatan tenaga kerja lainnya. Keterbukaan yang ditawarkan TIK memberi peluang mencari informasi secara lebih tepat dan transparan. Misalnya, melalui internet para pencari kerja dapat mengakses situs-situs lowongan pekerjaan dan langsung mengirimkan lamaran beserta daftar riwayat hidup secara elektronik.

7.    Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bidang Sosial
Melalui TIK kita dapat memanfaatkan sebagai alat untuk membantu kelompok – kelompok yang terancam agar dapat menghadapi arus globalisasi secara positif dan sesuai dengan kemauan mereka. Selain itu kita juga bisa mengadopsi  kebudayaan asing yang dapat memperkaya kebudayaan kita. Sebaliknya, kita dapat memperkenalkan kekayaan kebudayaan kita kepada bangsa lain, sehingga dapat memperkaya khasanah kebudayaan kita, Tapi juga dapat mengancam, karena dapat menggulung kebudayaan – kebudayaan setempat dalam proses globalisasi yang tak terbendung.
Keuntungan :
Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
a.    Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
b.    Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
c.    Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
d.    Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
e.    Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
f.     Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.

8.    Dalam Bidang Pemerintahan
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government). Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
1).   Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
2).   Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum, adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik, keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
3).   Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
4).   Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Untuk  Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.
Tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang baik sudah mendesak untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi on-line antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengakses seluruh data dan teknologi informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik. Dalam sektor pemerintah, perubahan lingkungan dan kemajuan teknologi mendorong aparatur pemerintah untuk mengantisipasi hal baru dan upaya peningkatan kinerja serta perbaikan pelayanan menuju terwujudnya pemerintah yang baik (good govermance).
Keuntungan :
a)    Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
b)    e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
c)    Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

B.   Dampak Teknologi Informasi

Teknologi informasi dan komunikasi  dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih akurat, cepat, murah, aman, efisien, efektif, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Itulah kecanggihan teknologi yang dapat kita rasakan.  Teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan misalnya di bidang pendidikan, industri, kesehatan, transportasi, dan sebagainya.    
Akan tetapi selain diperoleh berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, ternyata juga ada dampak negatifnya. Ulah para hacker  maupun cracker yang mengacaukan data pemilu merupakan salah satu contoh dampak negatif kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. 
Teknologi dan sistem informasi telah mengakibatkan perubahan besar pada hukum  dan praktek sosial yang melindungi hak kekayaan intelektual pribadi. Kekayaan intelektual (intellectual property) adalah kekayaan tak nyata yang diciptakan oleh perorangan atau perusahaan yang menjadi subyek untuk  dilindungi di bawah hukum rahasia dagang (trade secret), hak cipta (copyright), dan paten (patent).   Rahasia dagang : sembarang karya atau produk yang digunakan untuk kepentingan perusahaan yang dapat diklasifikasikan sebagai milik perusahaan tersebut, yang tidak dapat disediakan sebagai informasi publik.
Hak cipta adalah hak yang diberikan melalui undang-undang yang melindungi  pencipta kekayaan intelektual dari penggandaan oleh pihak lain untuk  kepentingan apapun minimun dalam waktu 70 tahun.  Paten adalah dokumen hukum yang memberikan pemilik hak monopoli eksklusif  pada ide dibalik suatu penemuan selama 20 tahun. Hak ini dimaksudkan agar penemu dari mesin atau metode baru diberi penghargaan atas usahanya pada saat penemuaan mereka digunakan secara luas. Digital Milennium Copyright Act (DMCA) merupakan penyesuaian dari hukum hak cipta untuk menghadapi era internet. Menurut DMCA hal yang merupakan ilegal adalah membuat,  menyebarkan, dan menggunakan peralatan yang dapat  mengelakkan perlindungan berbasis teknologi dari material yang dilindungi hak cipta.
Beberapa dampak negatif dari Teknologi sistem informasi adalah seperti di bawah ini.
a)         Keseimbangan pembagian kekuasaan antara sentralisasi dan desentralisasi.
b)         Kecepatan perubahan mengurangi waktu respon menghadapi persaingan.
c)         Menjaga batas antara keluarga, pekerjaan, dan liburan.
d)         Ketergantungan terhadap sistem dan kerentanan sistem .
e)         Kejahatan dan penyalahgunaan komputer.
f)          Mempermudah Penyebarluasan Karya-Karya Pornografi
g)         Mempermudah Masuknya Nilai-Nilai Budaya Asing yang Negatif
h)         Kesetaraan dan Akses : meningkatnya perpecahan diantara rasial dan kelas sosial .
i)          Resiko kesehatan : Repetitive Stress Injury(RSI), Carpal Tunnel Syndrome (CTS), Computer Vision Syndrome (CVS) dan  Technostress .
j)          Akuntabilitas dan kontrol (accountability and control) : Siapa yang dapat dan harus bertanggung jawab atas pelanggaran informasi dan hak milik individu dan kolektif.
                                                
C.   Pentingnya Etika dan Moral
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah salah satu sarana yang dapat memudahkan dalam pencarian informasi serta memudahkan pula dalam berkomunikasi. Akan tetapi dalam penggunaannya tetap harus memperhatikan beberapa etika, karena menggunakan TIK pada dasarnya adalah kita berhubungan dengan orang lain. Dan berhubungan dengan orang lain membutuhkan kode etik tertentu.
 
D.       Hal-hal yang mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan ketika menggunakan komputer
1.  Meja dan kursi
Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik (tidak ergonomis). Meja komputer yang baik adalah meja yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot rest) dan bawah meja memberikan ruang gerak bebas bagi kaki. Tinggi meja komputer yang baik adalah sekitar 55 - 75 cm (disesuaikan dengan ukuran kursinya dan juga disesuaikan dengan tinggi operatornya).
Yakinkan bahwa kursi yang dipakai memiliki bagian punggung yang bisa disesuaikan dan tempat lengan beristirahat. Bagian belakang sandaran kursi harus keras, tetapi berbantal empuk.
 
Di bawah ini, gambar yang menunjukkan desain kursi dan meja komputer yang  ergonomis.

Gambar Ukuran Meja dan Kursi   Komputer Ideal
2.     Peralatan komputer
Aspek ini berhubungan dengan masalah ergonomi (kenyamanan manusia), terutama di bidang desain, posisi, dan sikap tubuh yang tepat untuk masing-masing peralatan komputer (monitor, keyboard, mouse, central processing unit ( CPU)  dan printer).
a.      Monitor
Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang ”panas” seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
Selain itu, tampilan di monitor juga menimbulkan radiasi, baik dari gambar maupun huruf, yang dikirim aliran elektron ke permukaan dalam dari monitor yang berlapis posfor. Berikut ini adalah saran-saran untuk mengurangi keluhan pada mata pada pemakaian komputer.
<  Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga tidak ada pantulan cahaya dari sumber cahaya lain seperti lampu ruang kerja dan jendela yang dapat menyebabkan kesilauan pada mata. Lihat gambar di bawah ini.

Agar mata dapat membaca dengan nyaman, letakkan layar komputer lebih rendah dari garis horizontal mata dengan sudut kurang lebih  30 derajat.
 

<  Buatlah cahaya latar layar komputer dengan warna yang dingin, misalnya putih keabu-abuan dengan warna huruf yang kontras. Hindari penggunaan font huruf yang terlalu kecil (kecuali terpaksa). Font huruf yang termasuk norrnal adalah font 12.
<  Agar mata tidak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali pindahkan arah pandangan mata ke luar ruangan. Bila perlu usaplah kelopak mata secara lembut (memijit ringan bola mata). Kebanyakan orang berkedip 18 kali satu menit. Kebanyakan penguna komputer hanya melakukannya 2 kali.
<  Periksa mata secara rutin. Paling tidak sekali dalam setahun. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, pisang, dan sebagainya.  

 b.    Keyboard
Tidak ada hasil penelitian yang konsisten yang menyebutkan bahwa keyboard yang diberi      label “ergonomis” benar-benar memberikan kelebihan yang substansial bagi kesehatan dan kenyamanan tubuh. Bagi kebanyakan orang, desain keyboard yang umum dianggap sudah cukup asalkan disimpan dalam posisi yang tepat seperti gambar berikut ini.
Berikut ini saran dalam penggunaan keyboard.
ü    Tekan tombol dengan ringan saat mengetik, tidak perlu menggunakan tenaga yang besar.
ü    Pastikan pergelangan tangan dalam posisi lurus, jika terlalu sering dibengkokkan dapat menyebabkan cedera.
ü    Pastikan siku membentuk sudut 90 0 atau lebih. Jika kurang dari itu, dapat menyebabkan tekanan pada syaraf atau kepegalan pada pergelangan/jari-jari tangan.
ü    Usahakan bahu tetap rileks dan siku di samping.
ü    Tetap berada dibagian tengah bagian huruf pada keyboard. Kadang kita cenderung menempatkan diri tidak di tengah-tengah keyboard. Hal ini menyebabkan saat tombol huruf yang letaknya jauh, jarak yang harus dijangkau akan lebih panjang.

c.    Mouse
Cara pemakaian mouse yang tidak tepat dan desain mouse yang tidak ergonomis dapat menyebabkan cedera otot. Sekarang ini banyak dijual mouse yang berlabel ergonomis. Banyak mouse jenis ini yang memang benar-benar berguna, namun penggunaannya yang kurang tepat (misal ditempatkan terlalu jauh) dapat menghilangkan kelebihan ergonomis yang dimilikinya.
Di bawah ini adalah beberapa contoh tips yang dapat membantu kalian dalam menghindari cedera otot yang berhubungan dengan penggunaan mouse.
ü   Mouse Grip – Genggam dan gerakkan mouse dengan lembut dan santai, tidak perlu menggunakan energi yang berlebihan.
ü   Mouse from the Elbow – Gunakan siku sebagai pivot point dalam menggunakan mouse, jangan menggunakan pergelangan tangan
ü   Optimal Mouse position- Untuk setiap jenis mouse memiliki posisi optimal
ü   Mouse shape – pilih desain mouse yang sesuai dengan tangan dan sedatar mungkin untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan.
ü   Load sharing – Jika desain mousenya memungkinkan, bagi beban penggunaan mouse antara tangan kiri dan tangan kanan










Gambar Letak Mouse yang Konvensional dan yang Ergonomis
d.  Printer
Printer sebagai alat pencetak hasil kerja dengan komputer ternyata dapat pula menimbulkan kelelahan kerja. Operator komputer sering merasa terganggu karena kebisingan yang ditimbulkan oleh mesin printer. Printer yang baik pada umumnya tidak menimbulkan kebisingan, sedangkan printer yang tidak baik memiliki kebisingan yang cukup tinggi.

3.     Lingkungan sekitar
Kondisi lingkungan saat kalian menggunakan komputer ikut menciptakan kenyamanan dan menjaga kesehatan saat bekerja. Kondisi lingkungan yang dimaksud sebagai berikut.     


a.    Pencahayaan
Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. Pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pilih warna cahaya lampu yang netral serta cat dan peralatan yang memiliki refleksi dalam cakupan yang rendah. Hindari warna gelap untuk langit-langit ruangan.
      
b.    Temperatur dan ventilasi
Temperatur yang nyaman bagi pengguna adalah yang disesuaikan dengan  efek temperatur terhadap komputer. Peralatan komputer terutama chip sangat sensitif terhadap dunia luar termasuk temperatur tinggi.  Komponen yang terkena temperatur tinggi akan cepat rusak. Misalnya terputusnya rangkaian dalam chip, berakibat pada terjadi kesalahan ringan yang biasa dikenal sebagai efek penghapusan karena temperatur (thermala wipeot).

c.    Kebisingan
Kebisingan dapat ditimbulkan oleh letak ruang kerja yang dekat dengan keramaian ataupun suara dari peralatan kantor yang digunakan. Batas kebisingan yang diizinkan untuk bekerja selama kurang dari 8 jam per hari adalah 80 decibel (dB). Sedangkan ruang kerja yang ideal adalah dengan kebisingan sekitar 40 - 50 dB.

4.     Aspek Pengguna
Aspek pengguna dapat berupa kebiasaan ataupun perilaku pengguna yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatannya.
a.         Bekerja terus menerus
Duduk secara serius dan dalam jangka waktu lama di depan komputer akan beresiko pada kesehatan  punggung, bahu, dan leher. Karena itu, sangat disarankan untuk mengambil istirahat secara singkat selama bekerja dengan menggunakan komputer.
b.    Sikap tubuh yang salah
Kadangkala orang terbiasa duduk dengan punggung tidak tegak. Hal ini dapat menyebabkan cedera punggung. Saat bekerja dengan komputer, tulang belakang harus lurus tegak dan tangan lebih rendah atau sama dibandingkan siku.


 
 

I.      Berilah tanda silang pada jawaban yang benar!
1.    Berikut contoh penggunaan komputer untuk bidang perbankan, kecuali ….
a.    perhitungan jumlah tabungan nasabah
b.    perhitungan jumlah bunga nasabah
c.    mencatat data diri karyawan
d.    mencatat pengeluaran rumah tangga karyawan
2.    Berikut fungsi komputer dalam bidang kedokteran ….
a.    mencatat daftar pasien
b.    mencatat pehitungan obat-obatan
c.    mencatat jenis penyakit dan data catatan medis pasien
d.    mencatat daftar peserta yang menjenguk pasien
3.    Salah satu fungsi komputerisasi di bidang perhubungan adalah ….
a.    mencatat nilai tukar rupiah
b.    mencatat data pasien
c.    memandu untuk penerbangan di angkasa
d.    mengadakan perjanjian antar Negara
4.    Berikut ini adalah peran penggunaan komputer dan internet di sekolah, kecuali ….
a.    Perpustakaan online
b.    Kelas online
c.    Electronic Commerce
d.    Untuk media pembelajaran
5.    Perubahan akibat seseorang membaca surat kabar dan menggunakan Internet bagi kehidupannya adalah ….
a.    wawasan intelektualnya lebih luas
b.    gengsi kehidupannya lebih tinggi
c.    pemborosan keuangan
d.    biaya hidup meningkat
6.    Berikut ini adalah salah satu keuntungan menggunakan media teknologi telekomunikasi adalah ….
a.    memberatkan biaya dari manusia
b.    menyebarkan virus komputer
c.    memudahkan dan meringankan kerja manusia
d.    menguatkan penguasa
7.    Manfaat yang diperoleh dari teknologi informasi dan komunikasi saat ini adalah sebagai berikut, kecuali ….
a.    kemudahan memperoleh informasi
b.    komunikasi semakin mudah dilakukan
c.    membuka lahan pekerjaan baru
d.    memudahkan masuknya budaya asing yang negatif
8.    Dalam dunia pendidikan teknologi informasi dan komunikasi telah mendatangkan manfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, yaitu ….
a.    pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan
b.    memperluas lapangan kerja
c.    meningkatkan hasil pertanian
d.    mendorong tumbuhnya proses demokrasi
9.    Munculnya perdagangan maupun bisnis berbasis internet dewasa ini merupakan dampak positif dari kegiatan ….
a.    e-learning
b.    e-commerce
c.    e-government
d.    telecentre
10.  Istilah yang tepat untuk menyebut surat elektronik dalam teknologi internet adalah ..
a.    e-learning
b.    e-mail
c.    e-letter
d.    e-commerce
11.  Keuntungan penggunaan TIK dalam pemerintahan antara lain ….
a.    membuka lahan pekerjaan baru
b.    membuka peluang bisnis baru
c.    memperbaiki kualitas pendidikan
d.    Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien
12.  Istilah yang tepat untuk penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain adalah ..
a.    e-learning
b.    e-mail
c.    e-government
d.    e-commerce
13.  Agar informasi dapat diterima dengan cepat walaupun dengan jarak yang sangat jauh dapat disampaikan melalui ….
a.    surat
b.    telepon
c.    utusan
d.    kurir
14.  Di bawah ini merupakan keunggulan dari penggunaan internet, kecuali …..
a.    mengedit data dan informasi
b.    mencari data dan informasi
c.    bertukar data dan informasi
d.    menjelajah dunia maya
15.  Keuntungan-keuntungan berikut merupakan hasil yang diperoleh dari penggunaan TIK dalam bidang pertanian, kecuali ….
a.   pemeliharaan tanaman dan hewan meningkatkan hasil pertanian                     
b.    meningkatkan kemampuan petani dalam bercocok tanam
c.    mencegah penyebaran virus baru lewat e-mail
d.    pemahaman tentang hama makin meningkat di kalangan petani
16.  Yang bukan contoh penggunaan teknologi telekomunikasi untuk bidang perbankan adalah ….
a.    Internet Banking pada layanan akses internet
b.    SMS Banking pada layanan HP
c.    Pulsa elektrik pada layanan HP
d.    Mobile Banking pada layanan HP
17.  Untuk menghindari antri yang panjang, seorang nasabah Bank dapat mengambil uang tunai, atau mentranfer rekeningnya di ATM, adalah contoh komputerisasi di bidang ….
a.    perbankan                                                 c. pendidikan
b.    perhubungan                                             d. transportasi
18.  Posisi badan yang benar saat menggunakan komputer adalah ….
a.    badan lurus ke depan
b.    badan tegak dan pergelangan lurus ke depan
c.    badan tegak, punggung bersandar pada kursi dan siku rileks
d.    badan dan tangan lurus ke depan
19.  Pada saat menggunakan komputer, posisi siku dan lutut harus membentuk sudut ….
a.   450                                                             c.   1800
b.   900                                                             d.   3600
20.  Dalam menghindari cedera otot yang berhubungan dengan penggunaan mouse, istilah untuk menggenggam dan gerakkan mouse dengan lembut dan santai adalah ….
a.   Optimal Mouse position                            c.   Mouse Grip
b.   Mouse shape                                            d.   Mouse from the Elbow





II.    Isilah titik-titik di bawah ini!
1.    Program internet goest to school, community access point, e-learning, dan smart point termasuk manfaat TIK dalam bidang ….
2.    Dapat mendorong usaha kecil dan menengah pedesaan, dalam hal ini manfaat TIK dalam bidang ….
3.    Perdagangan secara elektronik yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet disebut ….
4.    TIK  dapat untuk memfasilitasi kosultasi kesehatan, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh yaitu peranan TIK dalam bidang ….
5.    TIK dapat memberikan informasi yang berharga dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, dan pemberantasan hama,  termasuk pemafaatan dalam bidang ….
6.    Kita dapat mengadopsi kebudayaan asing yang dapat memperkaya kebudayaan kita dan memperkenalkan kebudayaan kita kepada bangsa asing, peranan TIK tersebut dalam bidang ….  
7.    Masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar disebut ….
8.    Dalam situs internet terdapat banyak lowongan pekerjaan secara online yang digunakan untuk mencari informasi pekerjaan, dalam hal ini TIK dapat menciptakan ….
9.    TIK dapat meneyelesaikan pekerjaan dengan lebih akurat, cepat, murah, aman, efisien, efektif, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama yakni dampak teknologi informasi bersifat ….
10.  Menjaga batas antara keluarga, pekerjaan, dan liburan yakni salah satu dampak teknologi informasi bersifat ….
 
III.   Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.  Berikan contoh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (komputer)  dalam bidang Pendidikan.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.  Apa saja dampak negatif dalam penerapan atau penggunaan teknologi informasi.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.  Jelaskan beberapa contoh tips yang dapat membantu kalian dalam menghindari cedera otot yang berhubungan dengan penggunaan mouse.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.  Bagaimanakah peranan TIK dalam usahanya memperbaiki sistem pertanian  di Indonesia.
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 
5.  Bagaimanakah cara penggunaan keyboard yang benar.
......................................................................................................................................................................................................................................................................................


 INFORMASI GAMBAR :





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BDR_3 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8

BDR_3 18-19 MEI 2020 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8 Tugas dirumah : 1.     Buatlah produk seperti ramuan dibawah ini dan dih...