Selasa, 03 September 2019

POWER POINT UNTUK KELAS 9


Mengenal powerpoint

MS POWERPOINT

Format file Microsoft PowerPoint

  1. *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  2. *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  3. *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  4. *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
Kelebihan Microsoft PowerPoint

  1. Menyediakan halam kerja berupa  slide untuk mempermudah presentasi.
  2. Dapat menggunakan gambar , animasi dan file video dan audio dalam membuat slide persentase.
  3. Dapat Menampilkan atau  mengimpor nilai dari Word dan Excel.
  4. Menyediakan Fasilitas agar lebih mudah membuat animasi atau menampilkan efek.
  5. Menyediakan berbagai desain tampilan yang cukup professional untuk bisa diterapkan dengan mudah.
  6. Menyediakan banyak template presentasi yang bisa digunakan, terutama yang bersifat open source yang tersedia luas di internet.

(Gambar1)
Keterangan Gambar1

  1. Tab Menu adalah Fitur-fitur yang terdiri dari menu File, home, insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, view
  2. Group Menu adalah fitur yang terdiri dari beberapa perintah yang fungsinya saling berkaitan sebagai contoh Group Menu Slides yang terdiri dari New Slide, Layout, Reset, Section. 
  3. Ribbon adalah Kumpulan dari group menu



Gambar2. Fitur-Fitur Microsoft PowerPoint

Keterangan Gambar2

  1. Slide adalah kumpulan lembar kerja atau slide-slide yang digunakan
  2. Outline adalah tampilan detail dari isi Slide yang telah di buat, 
  3. Halaman Kerja Power Point adalah tempat dimana anda akan menulis, atau memasukan gambar, suara, video dll yang dibutuhkan untuk persentase, 
  4. Cutomize Status Bar adalah fasilitas untuk menamipilkan slide show atau hasil dari persentase buatan anda, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan halaman kerja power point.

Pada lembar kerja akan terlihat seperti berikut ini

Keterangan gambar:
·         Tombol Office adalah tombol yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka presentasi, menyimpan presentasi, mencetak presentasi dan sebagainya
·         Quick Access Toolbar adalah toolbar yang berisi sejumlah perintah penting yang dapat ditambahkan sesuai keperluan
·         Customize Quick Access Toolbar adalah tombol untuk memodifikasikan perintah-perintah Microsoft PowerPoint pada quick access toolbar
·         Tab adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai kelompoknya
·         Tombol pengatur jendela terdiri dari:
·         Minimize adalah tombol untuk meminimalkan jendela
·         Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan jendela
·         Close adalah tombol untuk menutup jendela
·          Tab slide adalah tab atau bagian yang berisi jenis slide yang digunakan
·         Tombol dialog adalah tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah yang disimpan di dalamnya
·         Baris status adalah bagian fasilitas yang berisi nomor halaman slide dan sebagainya
·         Kotak catatan slide adalah kotak atau area untuk memberi catatan slide
·         Slide adalah lembar atau tempat membuat data presentasi seperti: teks, tabel, grafik, diagram dan sebagainya
·         Pengatur tampilan presentasi adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan presentasi, seperti Normal, Slide Sorter dan Slide Show
·         Zoom adalah bagian fasilitas untuk mengatur besar kecilnya media tampilan presentasi
Membuat dan Mengatur Bentuk Presentasi
Untuk membuat presentasi baru bisa dengan cara:
    1.  Blank Presentation: Jika anda ingin membuat presentasi baru dengan cara memilih slide layout satu demi satu sesuai kebutuhan   
    2.  From Design Template: Jika anda ingin membuat presentasi baru dengan cara memilih design template yang disediakan oleh Microsoft PowerPoint
    3.  From Auto Content Wizard: Jika anda ingin membuat presentasi dipandu dengan beberapa kotak dialog, anda tinggal mengisi atau menandai pilihan yang ada. Klik tombol Next setiap kali anda sudah selesai mengisi pilihan. Setelah kotak dialog terakhir klik tombol Finish.
Untuk menyimpan presentasi dengan seluruh slidenya dengan cara:
     1.    Pilih dan klik tombol Office > Save atau Save as
     2.    Pilih drive atau folder dimana dokumen akan disimpan
     3.    Di bagian File Name ketikkan nama file kemudian klik tombol Save untuk menyimpan    lembar presentasi dalam format .pptx
     4.    Untuk menutup lembar presentasi klik tombol Office lalu pilih Close
     5.    Untuk keluar dari aplikasi PowerPoint klik tombol Office lalu klik tombol Exit PowerPoint

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BDR_3 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8

BDR_3 18-19 MEI 2020 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8 Tugas dirumah : 1.     Buatlah produk seperti ramuan dibawah ini dan dih...