Minggu, 29 Juli 2018

MENGENAL EXCEL

MS EXCEL BAGI PEMULA
  • PENGERTIAN EXCEL
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik).
Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat
mempresentasikan data kedalam bentuk tabel. "wikipedia.com


  • CARA MEMBUKA LEMBAR KERJA

1. Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel
  • Aktifkan komputer terlebih dahulu
  • Klik tombol Start pada taskbar
  • Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
  • Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Gambar : Tampilan Microsoft Excel 2007


Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
  • Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja
yang aktif.
  • Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
  • Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan  ebagainya
  • Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi
untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.


  • Help

Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat

tersebut. Ms

Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

  • Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol
pengendali.
  • Cell
Cell merupakan
  1. Nomor Baris
  2. Nomor Kolom
  3. Nama Range
  4. Fungsi
  5. Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar
vertikal dan horisontal.


  • Column Heading Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang aktif. Jumlah kolom yang tersedia yaitu 256 kolom.


Sel -> Penggabungan antara baris dan kolom pada lembar sheet.

Range -> Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet.





2. Menginputkan Data Dalam Sel

  • Pilih / klik sel tempat data yang akan dimasukkan
  • Ketikan data yang akan dimasukkan
  • Tekan enter untuk mengakhirinya
  • Untuk mengedit data yang telah diketik, tekan F2 atau Double klik di sel yang mau di edit.

  • Untuk menghapus data dalam sel, tekan tombol Delete di keyboard.


3. Memformat Kolom dan Baris

  • Merubah ukuran kolom

  1. Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin dirubah kurannya, lalu drag sesuai dengan ukuran yang di inginkan.
  • Jika ingin merubah ukuran kolom lebih dari satu kolom, maka blok kolom yang ingin dirubah kolomnya menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.
  • Kemudian klik tab Home dan klik icon Format Column Width Isi lebar kolom dan tekan Ok



4. Merubah Ukuran Baris
Letakkan pointer di pembatas baris yang ingin dirubah ukurannya, lalu drag sesuai dengan ukuran yang di inginkan



Jika ingin merubah ukuran baris lebih dari satu baris, maka blok baris yang ingin dirubah  Menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.


Kemudian klik tab Home dan klik icon Format->RowHeight ->Isi lebar Baris
dan tekan Ok


4. SHEET (Lembar Kerja)

Menambah sheet baru
Klik di Icon New atau tekan CTRL + N
Mengganti nama sheet
Klik kanan di sheet yang ingin diganti namanya
Pilih Rename

Menghapus sheet
Klik kanan di sheet yang ingin dihapus
Pilih Delete

5. FILE
Menyimpan File
Klik Menu File Save / Save as

Membuka File
Klik Menu File Open Tentukan directory Pilih salah satu file

                                                                            
MEMFORMAT CELLS


1. Mengcopy dan Memindahkan Isi Sel
Mengcopy Sel

Blok sel yang ingin di-Copy
Pilih menu Edit – Copy (Ctrl + C)
Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an
Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V) untuk mengeluarkan isi copy-an

Memindahkan Sel

Blok sel yang ingin dipindahkan
Pilih menu Edit – Cut (Ctrl + X)
Pilih sel yang baru untuk meletakkan hasil pindahan
Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V)

2. Membuat Nomor & Bulan Berurut

Ketik angka atau bulan pertama pada sel yang diinginkan
Ketik angka atau bulan kedua pada sel selanjutnya (berurutan)
Blok kedua sel tersebut secara berurutan
Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah +


3. Menggabungkan Sel

Blok sel yang ingin digabungkan
Pilih menu Format – Cells
Klik Alignment
Tandai / klik Merge Cells – Ok
Atau
Blok sel yang ingin digabungkan secara berurutan

Klik icon

4. Mengetengahkan Teks

Klik tab Home
Klik di tanda panah icon Alignment
Klik Alignment
Pada Horizontal pilih Center
Pada Vertical pilih Center
Klik Ok

5. Mengatur Tata Letak Teks

Klik sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya
Klik Alignment
Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan teks
-klik ok

6. Membuat Garis Tabel

Blok seluruh sel yang ingin diberi garis tabel
Klik Alignment
Klik Border
Pilih garis tabel yang ingin Anda masukkan
Ok

7. Membuat Simbol Mata Uang

Blok semua angka yang ingin diberi simbul mata uang
Klik Alignment
Pilih Number
Klik Accounting
Pilih mata uang di Symbol
Isikan angka 0 (nol) pada Decimal Places
Klik Ok

8. Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka

Blok semua sel yang berisi angka
Klik Alignment
Klik Number – Custom
Pada Type tuliskan 0 “unit”
(untuk nama satuan unit)
Klik Ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BDR_3 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8

BDR_3 18-19 MEI 2020 MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 8 Tugas dirumah : 1.     Buatlah produk seperti ramuan dibawah ini dan dih...